Perbedaan Printing Digital Dan Printing Mesin

Proses Printing Kain Dengan Digital Print

Digital Printing Pic By Internet

Dalam dunia Tekstil, jenis jenis proses produksi printing kain mengalami perkembangan. Baik dari proses printing maupun, dengan motif dan kontruksi material kain. 

Untuk proses printing sendiri sering terdengar istilah digital printing atau printing digital. Digital printing adalah salah satu inofasi dalam dunia tekstil. Dimana proses mencetak gambar ke material atau benda fisik di lakukan dengan bantuan komputer.Salah satu keunggulan digital printing dibanding dengan jenis printing lainnya adalah.

Digital printing adalah tidak adanya minimal order. Jika customer ingin mencetak motif pribadi maka digital printing adalah jawabannya karena digital printing, bahkan melanyani mencetak hanya 2 meter saja.  Dan proses pengerjaan yang lebih  cepat di bandingkan dengan jenis printing lainnya.

SDM yang dapat di berdayakan, karena mudahnya pengoprasian mesin, sehingga mesin dapat di jalankan tidak bergantung dengan satu orang oprator saja. 

Tetapi dengan beragam keunggulan, Digital printing juga memiliki kekurangan. Yaitu mahalnya biyaya produksi. Biyaya produksi menggunakan digital printing lebih mahal di bandingan dengan metode printing yang lain. Mahalnya perawatan mesin juga memoengaruhi dengan mahalnya biyaya printing digital.

Proses Printing Mesin

proses printing kain dengan mesin

Selain digital printing tentu banyak orang juga mengenal dengan printiing mesin. Printing mesin sediri sebenarnya hampir mirip dengan digital printing. 

Hanya teknologi yang di gunakan belum secanggih digital printing. Untuk mesin print memiliki beberapa keunggulan. 

Hasil printing dengan warna yang stabil. Harga yang lebih terjangkau di bandingkan dengan digital printing. 

Tetapi untuk printing mesin, memiliki minimal order yang harus di penuhi jika ingin memproduksi dengan motif pribadi.  Berbeda dengan digital printing .

Jadi hal yang membedakan digital printing dan mesin print, adalah jumlah quantity yang akan di produksi, jika ingin memproduksi motif pribadi. Dimana mesin print memiliki minimal order yang bisanya di angka ribuan meter untuk memproduksi motif pribadi. Sedangkan digital print tanpa minimal order.

Serta lamanya proses pengerjaan juga sangat membedakan antara digita print dan mesin printing, Mesin print memilki waktu pengerjaan yang lebih lama di bandingkan digital print. Serta biyaya yang di keluarkan untuk mencetak atau memprduksi. 

Tetapi baik digital print maupun mesin print, memilki keungguan yang dapat kita ambil atau manfaatkan sesuai denga kebutuhan pesusahaan atau customer. Serta memilki peminat dan target pasar sendiri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *