Oleh Oleh Batik Solo

Batik Solo

Begitu mendengar kata batik, pasti langsung teringat solo, ya. kota budaya ini adalah salah satu yang populer dalam per batikan, banyak motif motif khas yang berbeda dari batik batik lain di wilayah lain di indonesia.

Pelancong lokal maupun manca negara begitu menyukai batik ini sebagai kain yang memiliki seni tinggi dan ke autentikan. Jadi bisa dikatakan tidak afdol jika ber wisata ke solo namun tidak membawa oleh oleh batik. Apalagi wisatawan yang datang dari jauh. Di dukung pula dengan banyak dan menjamurnya penjual batik di kota Ini.

 

Banyak Macam dan Harga

Di solo sendiri ada beberapa motif yang memang terkenal dan banyak di gemari para wisatawan ataupun warga lokal solo. Juga karena efek keberadaan keraton solo, kerajaan yang terkenal di indonesia. ini adalah beberapa motif yang terkenal.

 

Batik Kawung

Batik Parang

Kenapa di Sebut Batik​

Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik, dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain; dan titik yang berarti titik atau matik (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. Batik juga mempunyai pengertian sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan membuat titik-titik tertentu pada kain mori. Dalam bahasa Jawa, batik ditulis dengan bathik, mengacu pada huruf Jawa ꦛ (tha) yang menunjukan bahwa batik adalah rangkaian dari titik-titik yang membentuk gambaran tertentu. Batik sangat identik dengan suatu teknik (proses), dari mulai penggambaran motif hingga pelodorannya. Salah satu ciri khas batik adalah cara penggambaran motif pada kain yang menggunakan proses pemalaman, yaitu menggoreskan malam (lilin) yang ditempatkan pada wadah yang bernama canting dan cap. Menurut KRT.DR. HC. Kalinggo Hanggopuro (2002, 1-2) dalam buku Bathik sebagai Busana Tatanan dan Tuntunan menuliskan bahwa para penulis terdahulu menggunakan istilah batik yang sebenarnya tidak ditulis dengan kata batik akan tetapi seharusnya bathik. Hal ini mengacu pada huruf Jawa ꦛ (tha) dan bukan ꦠ (ta) dan pemakaiaan batik sebagai rangkaian dari titik adalah kurang tepat atau dikatakan salah.[3]

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Batik Truntum

Batik Sawat

Belanja batik di Batik Sakura Solo 

Salah satu brand batik di solo yang terkenal akan kualitasnya, material batik, ataupun fashion nya, banyak tersedia macam macam jenis batik dari batik handmade ataupun print. beralamat di Jl. Kyai Mojo No.51, Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta.

Selain offline juga melayani pembelian online melalui tokopedia di https://tokopedia.com/batiksakura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *