Mengenal Mahakarya Batik 3 Negri

Di abad ke-20 Batik Tiga Negeri merupakan kain premium yang mahal harganya. Kain ini dijadikan sebagai seserahan perkawinan, dan juga menjadi pilihan yang digunakan para sosialita dan para pengusaha kaya saat itu yang berasal dari Arab, Belanda, China Salah satu mahakarya peranakan Cina di pesisir utara Jawa dan Solo ini, sarat akan pesan akulturasi dan keberagaman budaya. Batik Tiga Negeri hadir dikala masa sulit pendudukan kolonial, kebangkitan kesadaran akan nasionalisme dan krisis ekonomi di tanah Jawa. Hal tersebut tercermin dari warna merah getih pitik (darah ayam) cerminan tradisi Cina dari Lasem, biru indigo khas batik Belanda asal Pekalongan dan warna coklat soga yang sarat akan makna filosofis Jawa. Sedangkan dari segi motif perpaudan antara budaya Cina, Jawa, dan Belanda terlihat jelas pada motif hong, bunga mawar, tulip, bunga peoni, kupu-kupu, dan parang.

Dikalangan kolektor, pecinta batik, budayawan dan sejarawan, nama Batik Tiga Negeri tentu tidak asing lagi. Namun, barangkali banyak dari generasi milenial yang tak banyak mengetahui jenis wastra ini. Padahal, batik tiga negeri juga tersedia dalam ragam gaun, kemeja, outer, hingga tas jinjing.

menggambarkan ketiga daerah yang saling memiliki keterkaitan kuat. Prosesnya pun tidak mudah tentunya. Dengan prosesnya yang rumit dan memakan waktu yang panjang, tidak salah harga batik tiga negeri saat ini pun memang terkategori cukup mahal. Disamping itu, makna filosofis yang terdapat pada jenis batik ini telah memberikan nilai sejarah yang tinggi. Terbukti banyak yang percaya bahwa ada nilai dan chemistry yang ada dari sejarah masa dulu yang terlukis dan melekat kuat pada batik tiga negeri ini. Maka tak jarang, ini menjadi kelebihan dan nilai jual yang tinggi pada jenis batik ini. Melihat prosesnya yang rumit dan memakan waktu yang lama serta nilai historis yang melegenda tersebut, benar kiranya batik tiga negeri mendapatkan julukan masterpiece dalam dunia perbatikan saat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *